Sangsang atau Saksang


PADA setiap momen penting masyarakat Batak, senantiasi dihiasi upacar adat. Dalam suasana duka maupun duka, mulai kelahiran hingga kematian. Untuk Bmenjenguk atau berkunjung kepada bayi baru lahir misalnya disebut dengan acara mamoholi.




Mamoholi berasal dari katan pohol, tradisi di Toba, daerah berbukit yang sangat dingin. Untuk melindungi si orok dari terpaan dinginnya cuaca, ibunya yang baru melahirkan biasanya tidur atau berbaring di dekat api, di dapur maupun perapian khusus, temporeer yang dibuatkan unutk itu. Saat di kecil kedinginan, si ibu mendekat tangannya ke api, lalu hangatnya ditularkan ke wajah atau badan di anak dengan menempelkan telapak tangan. Praktek ini berulang-ulang, saban pagi dan malam.

Apakah ada sumbangsih tradisi mamoholi dengan wajah orang Batak asli yang raut mukanya sering disebut 'marsuhi-suhi' atau punya sisi-sisi menonjol? Entahlah.

Pada anjang sana semacam ini kental dengan nuansa adat keakraban yang dilengkapai membawa silua atau buah tangan. Kadonya bukan baju, baby walker/roda dorongan, dan semacamnya tetapi membawa makanan berupa nsi lengkap dengan lauk-pauk.

Setiap pesta adat, pihak parboru (pihak orangtua istri) lazimnya membawa dekke (ikan) Batak atau ikan mas dengan bumbu arsik. Sedangkan dari pihak par anak (orangtua suami) membawa daging, bisa hewan berkaki dua semacam daging ayam, atau hewan berkaki empat, seperti kambing, kerbau, sapi, dan lazimnya napinahan atau babi (tentu untuk orang nonmuslim).

Bila ikan sering diarsik atau bumbu kuning, yakni ikan yang dimasak dengan air sampai nyaris mengering. Rasanya ciamik.... asam, dan memikat lidah, apalagi kalau bumbu andalimannya kental dan ketir.

Sedangkan dabing bambi sering dimasak sangsang atau saksang (berasal dari kata cincang), daging yang dipotong-potong kecil. Saat sudah masak, kemudian dilumuri darah hwan tersebut.

Cara Membuat:
  • Lumuri daging yang dibiarkan utuh dengan campuran kecap asin, soda kue, air dan bumbu yang dihaluskan. Diamkan selama 1-2 jam supaya bumbu meresap ke daging. Lebih enak lagi kalau daging ini dibiarkan di dalam lemari es semalaman.
  • Panggang daging di dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api kecil sambil dibolak-balik agar matangnya rata. Selama memanggang, olesi daging dengan adonan pengoles yang terbuat dari campuran margarine, bawang merah dan kecap manis. Panggang daging sampai benar-benar matang. Biasanya kurang lebih 1 jam.
  • Iris daging selagi masih panas lalu siap dihidangkan. Daging ini enak dimakan dengan sambal kecap.

Untuk 6 orang.
Bahan:
  1. 1 kg daging babi yang berlemak
  2. 3 sendok makan kecap asin
  3. 1 sdt soda kue
  4. 2 sdm air
  5. 2 sdm margarine
  6. 3 butir bawang merah, dihaluskan
  7. 4 sdm kecap manis

Bumbu yang dihaluskan:

  1. 2 sdm ketumbar
  2. sdt jintan
  3. 3 siung bawang putih

0 komentar: